Sabtu, 19 Maret 2011

Green Canyon atau Cukang Taneuh

Pernah ke sini?


Atau ke sini?


Bagus banget ya? Namanya Green Canyon (plesetan dari Grand Canyon, Colorado, Amerika Serikat), sebuah obyek wisata yang letaknya tidak jauh dari Pantai Pangandaran (kira-kira 31 km dr Pangandaran).  Tepatnya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kenapa Green Canyon? Sekilas memang mirip Grand Canyon, hanya saja yang ini memiliki sungai yang airnya berwarna kehijauan. Aliran Sungai Cijulang ini menembus sebuah gua dan diapit oleh bukit bebatuan juga pepohonan.




Di sana telah disediakan perahu untuk disewakan kepada para wisatawan. Untuk satu perahunya dikenai tarif Rp 75.000,- dan dapat diisi 5 orang (tapi masih bisa ditawar kok, kemarin waktu ke sana satu perahu kita isi 6 orang).


Ini dermaga perahunya. Tapi air di sekitar dermaga sudah berasa asin karena tercampur oleh air laut. Terus, mengapa Cukang Taneuh? Cukang Tanah adalah nama lain dari Green Canyon. Cukang Taneuh artinya jembatan tanah. Memang asli jembatan yang terbuat dari tanah yang ketika kita melewatinya dari bawah akan terlihat stalaktit dan merasakan tetesan-tetesan air.





Nah, nantinya perahu-perahu akan terhenti sampai di sini saja, di bawah Cukang Taneuh, karena sudah semakin menyempit dan banyak batu besar di sungai. Di sini airnya sudah air sungai (jadi ndak asin lagi klo keminum, hehehe). Para wisatawan akan diberikan tawaran untuk berenang menikmati keindahan Green Canyon. Nantinya perahu kita akan menunggu. Biaya sewa perahu Rp 150.000,-/perahu (tapi masih bisa ditawar juga kok, kemaren dari 150rb kena 110rb). Bagi yang tidak bisa berenang tenang saja karena sudah disediakan pelampung.



Ternyata tidak rugi memutuskan ikut berenang. Berenang, merayap di bebatuan, dan terjun dari batu yang besar, sangatlah menyenangkan. 







Hanya saja kemarin belum sempat rafting dan masuk gua. Tunggu info berikutnya ya (klo dah balik ke sana lagi trus ikutan rafting and masuk gua)...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar